Pelatihan Metrologi untuk Instruktur Prodi TMK

Dalam rangka mempersiapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dunia industri program studi Teknik Mekatronika Politeknik ATMI Surakarta terus menerus melakukan perbaikan dan pengembangan. Salah satu bentuk pengembangan yang dilakukan oleh program studi Teknik Mekatronika adalah upgrading instruktur dalam bentuk pelatihan  metrologi yang dilakukan di PT. Terminal Elektronika Sekawan (TES) pada tanggal 5-8 April 2021. 

Metrologi merupakan ilmu yang mempelajari berbagai macam pengukuran. Dalam pelatihan ini ilmu yang dipelajari dikhususkan pada pengukuran di bidang kelistrikan. Materi yang dipelajari dalam pelatihan ini meliputi penggunaan alat ukur dasar seperti multimeter, LCR meter, Function Generator dan oscilloscope hingga alat ukur untuk keperluan khusus seperti Power Quality Analyzer dan Euro-test PV yang merupakan sebuah alat penguji kualitas dan keamanan instalasi pembangkit listrik tenaga surya yang sesuai dengan standar IEC 61557

Pelatihan yang diikuti oleh lima orang instruktur prodi TMK ini merupakan bagian dari penyusunan dan penyempurnaan kurikulum untuk prodi D3 (TMK) dan D4 (TRMK) Politeknik ATMI Surakarta. Penyempurnaan yang berkesinambungan merupakan kunci utama dalam menjawab tantangan perubahan jaman dan tuntutan dunia industri. Pengembangan kurikulum yang dilakukan prodi TMK Politeknik ATMI surakarta melibatkan peran serta DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industi). Prodi TMK bekerjasama dengan PT. Trias Indra Saputra dalam mengembangkan kurikulum khususnya di bidang metrologi kelistrikan agar sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri.

Dengan berbagai langkah pengembangan kurikulum yang
dilakukan oleh prodi mekatronika diharapkan terjadinya peningkatan kualitas
materi pembelajaran yang tentunya juga akan meningkatkan kualitas lulusan prodi
TMK. Dengan materi yang telah dikembangkan bersama DUDI (dalam hal ini di
bidang metrologi kelistrikan) lulusan program studi TMK akan memiliki kemampuan
dalam menggunakan peralatan ukur listrik secara benar, aman dan berkualitas
sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri.

Adm.TMK.bws.-

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *