Pelatihan Software Solidworks Electrical

Politeknik ATMI Surakarta merupakan pendidikan tinggi vokasi di Indonesia yang sangat dikenal dengan model pendidikan yang berbasis PBET (Production Based Education and Training).  PBET digunakan sebagai landasan kurikulum dan penyelenggaraan kegiatan perkuliahan di semua program studi yang dimiliki, tidak terkecuali Program Studi Teknik Mekatronika. Program Studi Teknik Mekatronika secara prinsip memiliki inti keilmuan yang mengintegrasikan bidang ilmu mekanik, elektronik, dan informatika untuk menyelesaikan suatu masalah. Sebagai bentuk penyelenggaraan PBET, banyak konten pembelajaran mata kuliah praktik di prodi Teknik Mekatronika berupa pengembangan dan pembuatan produk yang berasal dari kerjasama dengan industri rekanan.

panel

Pembuatan produk tersebut harus diselesaikan oleh dosen bersama PLP (Pranata Laboratorium Pendidikan) dan mahasiswa. Guna mendukung PBET, Politeknik ATMI Surakarta telah lama memanfaatkan perangkat lunak SOLIDWORKS. SOLIDWORKS adalah perangkat lunak CAE (Computer-Aided Engineering) yang dikembangkan oleh Dassault Systèmes. SOLIDWORKS sangat dikenal dan digunakan secara luas di industri manufaktur skala internasional dengan jumlah pemakaian lisensi sekitar 3,5 juta instalasi. Politeknik ATMI Surakarta memiliki langganan lisensi pemakaian SOLIDWORKS yang dapat digunakan oleh dosen, PLP, dan mahasiswa baik untuk pembelajaran maupun untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan kompetensi para PLP, khususnya yang terlibat langsung dalam kerjasama dengan rekanan industri, Politeknik ATMI Surakarta mengadakan kegiatan pelatihan dan sertifikasi penggunaan perangkat lunak SOLIDWORKS Electrical. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para PLP, khususnya yang terlibat langsung dalam kerjasama dengan rekanan industri, dalam menggunakan perangkat lunak SOLIDWORKS Electrical. Manfaat dari adanya kegiatan pelatihan ini adalah adanya peningkatan kualitas produk hasil kerjasama dengan mitra industri, khususnya pada aspek teknis desain kelistrikan, yang secara tidak langsung tentunya dapat meningkatkan kepuasan mitra industri sehingga dapat mendukung keberlanjutan kegiatan kerjasama.

 Manfaat lain dari adanya pelatihan ini adalah untuk optimalisasi penggunaan aset lisensi SOLIDWORKS yang telah dimiliki oleh Politeknik ATMI Surakarta. Peningkatan kompetensi bagi para PLP yang mengikuti kegiatan pelatihan ini akan dibuktikan dengan dimilikinya sertifikat CSWA-E (Certified SOLIDWORKS Associate in Electrical). Sertifikat ini diakui secara luas di dunia industri dan berlaku secara internasional. Untuk mendapatkan sertifikat ini, peserta wajib mengikuti ujian meliputi aspek berikut:

·         Electrical theory

·         SOLIDWORKS Electrical Schematics

·         SOLIDWORKS Electrical 3D

·         Electrical design Installation

 adm.tmk,bws

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *