Tentang Teknik Mekatronika

Profil Program Studi Teknik Mekatronika

Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik ATMI Surakarta mulai beroperasi pada bulan September 2004 dengan SK pendirian 1781/D/T/2005 dengan jenjang Diploma 3 (D3).

Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik ATMI Surakarta merupakan bagian dari Politeknik ATMI Surakarta, sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi di Indonesia dan sekaligus sebagai salah satu perguruan tinggi yesuit, bertanggung jawab pada pembentukan manusia muda melalui proses pembelajaran.

Kompetensi yang harus dicapai oleh  mahasiswa diselaraskan dengan visi Politeknik ATMI yaitu “menjadi pusat unggulan (center of exellence) pendidikan vokasi yang inovatif, adaptif, membawa perubahan positif bagi dunia industri dan vokasi, dengan didukung civitas akademika yang profesional”. Visi tersebut diterjemahkan dalam misi Politeknik ATMI yang menyatakan kehadirannya untuk “mendidik kaum muda supaya dapat berperan membangun industri dan pendidikan vokasi berkelanjutan yang (1) menghormati martabat hidup manusia khususnya kaum marginal (2) bertanggung jawab atas lingkungan hidup (3) menghormati kebhinekaan, dan (4) tanggap secara krisis terhadap kemajuan teknologi informasi.

Dalam mewujudkan visi dan misi tersebut, kompetensi hasil dari pembelajaran dipadukan dalam pembelajaran reflektif, yang dalam konteks Politeknik ATMI dikenal dengan pembelajaran dengan Pedagogi Ignasian. Melalui penerapan prinsip-prinsip Pedagogi Ignasian dalam pembelajaran, karakter lulusan Politeknik ATMI diharapkan bercirikan: menguasai bidang ilmu (competence), memiliki suara hati (conscience), memiliki hasrat berbela rasa (compassion),  dan kehendak kuat terutama untuk mewujudkan kesejahteraan bersama serta melayani kaum lemah (commitment.

Setiap lulusan Teknik Mekatronika dibekali kemampuan memahami, merancang, membuat dan memelihara sistem otomasi industri sehingga dapat berperan aktif dan handal dalam setiap kegiatan perencanaan, proses produksi, pengembangan kualitas output dan pemeliharaan hasil-hasil produksi.

 

Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik ATMI Surakarta menggunakan sistem pendidikan yang dinamakan dengan PBET. PBET adalah kependekan dari Production Based Education and Training. Mahasiswa dididik dengan berbasis pada kegiatan produksi sehingga mahasiswa dapat benar-benar
mengenal, mengalami, dan memahami dunia kerja khususnya dunia Industri. Dan mahasiswa yang seperti itulah yang diminati dan dibutuhkan para pelaku Industri. Secara detail, kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa Politeknik ATMI melalui sistem pendidikan PBET adalah:

  1. Mampu mengerjakan proses manufaktur mekanik, mempunyai pengetahuan proses
    manufaktur di bidang mekanik, peralatan perkakas presisi, membuat rancangan komponen
    dan unit mesin, secara manual, maupun dengan bantuan CAD dan CAM. 
  2. Memiliki keahlian praktis dan teoretis di bidang teknik manufaktur berpedoman pada Mutu
    (Quality) ketepatan penyelesaian serta penyerahan (Delivery).
  3. Memahami etika profesi dan makna kerjasama serta memahami nilai-nilai keselamatan dan
    kesehatan kerja.
  4. Mengetahui prinsip-prinsip kewirausahaan, siap beradaptasi dengan kemajuan teknologi,
    beriman, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri mempunyai rasa tanggungjawab.
  5. Memiliki jiwa kepemimpinan yang jujur, ketrampilan berkomunikasi dan bertanggungjawab.

Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik ATMI Surakarta mulai beroperasi pada bulan September 2004 dengan SK pendirian 1781/D/T/2005 dengan jenjang Diploma 3 (D3).

Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik ATMI Surakarta merupakan bagian dari Politeknik ATMI Surakarta, sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi di Indonesia dan sekaligus sebagai salah satu perguruan tinggi yesuit, bertanggung jawab pada pembentukan manusia muda melalui proses pembelajaran.

Visi Misi Prodi TMK

Visi Politeknik ATMI Surakarta

Politeknik ATMI Surakarta menjadi pusat unggulan (center of excellence) pendidikan vokasi yang inovatif, adaptif, membaca perubahan positif bagi dunia industri dan vokasi, dengan didukung civitas akademika yang profesional

Visi Program Studi Teknik Mekatronika:

Pada tahun 2025 menjadi pusat unggulan pendidikan vokasi di bidang mekatronika khususnya pada teknologi otomasi dan CNC yang bermitra erat dengan dunia industri skala nasional.

Misi Program Studi Teknik Mekatronika:

  1. Menyelenggarakan pendidika vokasi dan pengajaran yang terintegrasi dengan tridharma dan dilandasi nilai-nilai 4C (Competence, Conscience, Compassio, Commitment)
  2. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi vokasi yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan teknologi di bidang mekatronika
  3. Meningkatkan tata kelola program studi melalui peningkatan profesionalisme SDM dan pemenuhan sarana prasarana
  4.  Berperan aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan produk berteknologi mekatronka yang langsung dapat diterapkan di dunia indudtri
  5. Meningkatkan kerjasama dengan alumni dan dunia industri dalam skala nasional