Workshop Artificial Intelligence

Dalam rangka menjalankan Maching Fund Vokasi  Program Hilirisasi tahun 2021 yang terselenggara atas kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik ATMI menyelenggarakan kegiatan perdananya berupa Workshop dengan mengambil tema Penerapan AI (Artificial Intelligent) Pada Produk Teknologi Terapan Pendidikan Vokasi yang diselenggarakan pada tanggal 8 – 9 Oktober 2021 di Hotel Aston Solo.

Matching Fund Vokasi Program Hilirisasi ini merupakan program kerjasama antara Perguruan Tinggi Vokasi bersama dengan dunia kerja dalam mewujudkan produk hasil inovasi hasil pembelajaran dan riset terapan menjadi produk yang terstandar dan siap untuk dihilirisasi ke masyarakat pengguna. Dalam Program ini Politeknik ATMI Surakarta khususnya Prodi TMK menggembangkan hasil produk terapan berupa inkubator bayi yang memiliki kelayakan edar berdasarkan standar BPFK (Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan) bekerja sama dengan PT ATMI Solo dan PT BPR (Buana Prima Raya) Jakarta.

Produk Matching Found Vokasi dan Industri “Inkubator Bayi”

Sebagai pembicara workshop adalah Bp Dr. Agfianto Eko Putra, M.Si. dosen dari Program Studi Elektronika Instrumentasi UGM. Tema tersebut diambil dalam rangka mempersiapkan pembelajaran artificial intelligance di rumpum mekatronika Politeknik ATMI Surakarta khususnya Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika serta menanggapi trend perkembangan teknologi untuk mempersiapkan beberapa pergeseran di berbagai sektor akibat perkembangan teknologi masa depan. Kegiatan dibuka oleh Direktur Politeknik ATMI Rm Dr. Andreas Sugijopranoto, SJ dan diikuti oleh 20 dosen dan instruktur di lingkungan PoliteknikATMI Surakarta dengan langsung mempraktikkan beberapa algoritma kecerdasan buatan pada laptop masing-masing peserta.

WhatsApp Image 2021-10-09 at 10.01.22

Pembicara Bp Dr. Agfianto Eko Putra, M.Si. Dosen dan pakar Artificial Intelligence Universitas Gajahmada

Reverendus Pater .Dr., Ir. Andreas Sugijopranoto, SJ, S.S , M.Sc. membuka workshop Artificial Intelligance

Dengan diadakannya Workshop Artificial Intelligence, diharapkan dapat menjadi titik awal pengembangan teknologi AI di Prodi Mekatronika Politeknik ATMI Surakarta dan khususnya pada produk Matching Found Vokasi yaitu Inkubator Bayi. Adm.tmk,hys

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *